Sidang Majelis Daerah BPD DKI Jakarta Gereja Bethel Indonesia

Khusus Gembala

GBI House of Blessing, 10 Mei 2022

Setelah dua tahun masa Pandemi Covid 19, maka atas anugrahNya Sidang Majelis Daerah Khusus Gembala BPD DKI Jakarta Gereja Bethel Indonesia tahun 2022 dapat dilaksanakan secara onsite. Ini adalah anugrah dan patutlah kita mensyukuri, karena oleh anugrahNya kita masi dipertemukan dalam persidangan yang berbahagia ini. Saya bersryukur dan berterima kasih atas kehadiran Bapak Ibu Gembala dan juga Panitia SMD tahun ini yang sudah bekerja dengan maksimal.  Kehadiran kita dalam persidangan ini membuktikan bahwa kita bersehati untuk menuntaskan Amanat Agung, lewat pelayanan dan penggembalaan yang Tuhan percayakan kepada kita semua. Demikian sambutan Pdt. Kiky Tjahjadi (Ketua BPD DKI Jakarta GBI) dalam pembukaan acara SMD 2022. Lebih lanjut Beliau menegaskan bahwa dengan Thema tahun ini, yaitu: Menjadi Gereja Sehat Yang Melakukan Penanaman Gereja, Saya percaya akan mendorong dan memotivasi kita untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan gereja dengan memberitakan Injil, memuridkan, membuka perintisan dan menjadi berkat bagi masyarakat lewat pelayanan sosial yang bisa kita lakukan.

Dalam renungan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Rubin Adi Abraham, dalam ibadah Pembukaan Sidang MD BPD DKI Jakarta GBI tahun 2022,  dengan Thema Gereja Sehat Yang Menanam Gereja Baru. Pak Rubin di awal khotbahnya beliau mengeaskan bahwa Tahun 2022 adalah Tahun Kesehatan Rohani, oleh karena itu perlu kita pahami tentang ciri-ciri  gereja yang sehat, yaitu:

  1. Gereja yang bertumbuh secara rohani: yaitu
  2. gereja yang sungguh sungguh mengandalkan Roh Kudus dalam pertumbuhannya melalui pujian dan penyembahan.
  3. Gereja yang bertumbuh dalam Alkitab yang sesuai dengan Firman Tuhan yang relevan.
  4. Pemimpin yang berorientasi kepada pertumbuhan gereja. Pemimpin atau gembala yang berpikir tentang bagaimana pelayanan gereja Tuhan bertumbuh (program, kegiatan, doa, pelatihan, pujian penyembahan)
  5. Komunitas sel yang bertumbuh di jemaat untuk slaing membangun diantara Jemaat.
  6. Pelayan yang berkobar dan semangat untuk melayani. Gembala harus memperhatikan pelayan inti atau ring satu pelayan gereja. Ada investasi waktu gembala kepada para pelayan atau generasi muda
Artikel Lainnya :   Penyerahan STL

Secara organisasi:

  • Ada pertemuan rutin pengurus
  • Ada target kuantitas atau peningkatan jumlah Jemaat di greja.
  • Jadwalkan kegiatan bulanan dan penanggung jawabnya (PIC)
  • Rencanakan anggaran pendapatan dan pengeluaran keuangan gereja
  • Evaluasi kegiatan dan keuangan yang masuk dan keluar
  •  
  • Gereja yang sehat itu adalah gereja yang bertumbuh secara kuantitas atau jumlah Jemaat yang bertumbuh, yaitu dengan menanam gereja baru. Gereja harus terus bertambah
  • Nama Kristus akan semakin dimuliakan dan semakin banyak orang mendengar berita Injil melalui pelayanan gereja yang baru.
  • Akan menmabah pelayan atau pengerja yang baru untuk melayani
  •  

Cara membangun gereja baru:

  1. Mengutus penginjil penginjil ke daerah yang belum terjangkau
  2. Memulai kelompok kelompok sel yang ada orang Kristen namun belum ada gereja
  3. Menanam gereja kepada Jemaat yang berpindah ke daerah lain

Strategi:

  1. Berdoa
  2. Lakukan srvei lokasi yang akan dijangkau
  3. Latihan pelayan misi
  4. Siapkan dana misi
  5. Buka komunitas sel

Peran BPD dan BPP

  1. Penanaman gereja baru melalui STT yang dikelola oleh GBI
  2. Pelatihan misi atau mendidik sekolah penginjil dan membuka cabang di seluruh Indonesia
  3. BPP mengutus lulusan sekolah Penginjil ke daerah daerah misi
  4. BPP akan mensuport penginjil 1 sampai 2 tahun

Oleh karena itu mari kita jadikan tahun ini untuk lebih maksimal dalam pelayanan dan perintisan gereja baru serta menjadi berkat bagi banyak orang. Berkat 5 roti dan 2 ikan itu adalah ketika dibagikan kepada orang orang yang mengikuti Tuhan Yesus, jadi untuk kita diberkati Tuhan, maka kita harus terlebih dahulu menjadi berkat bagi orang lain. Sehingga kebahagiaan orang tersebut menjadi berkat buat kita.

Acara Pembukaan dimulai tepat Pkl. 09.00 wib, dengan pujian dan penyembahan yang dipimpin oleh Pdt. Sammy Mandik dna diiringi oleh team music dari PAHAT dari berbagai gereja GBI yang ada di DKI Jakarta. Acara kemudian dilanjutkan dengan Khotbah Ketua Umum BPH dan Perjamuan Kudus yang dipimpin oleh Ketua BPD, dan setelah upacara pembukaan maka acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Pembimas Kristen DKI Jakarta : ibu Lisa Mulyati, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya beliau yang mengucap syukur atas undangan yang diberikan kepada Pemerintah untuk hadir dalam kegiatan kegiatan umat yang ada di DKI Jakarta. Kami atas nama Pemerintah menyambut baik kegiatan ini dan berharap Gereja khususnya GBI berperan aktif dalam mendukung program Pemerintah.  

Artikel Lainnya :   BPD DKI Jakarta Gereje Bethel Indonesia, Melayani Ibadah Tutup Peti dan Pemakaman

Acara kemudian secara resmi dibuka dengan Pemukulan Gong oleh  Ketua umum BPP GBI: Pdt. Rubin Adi Abraham, yang didampingin oleh. Dalam sambutannya, kembali menegaskan Thema MD yaitu:  Menjadi Gereja Sehat Yang Melakukan Penanaman Gereja. Selanjutnya beliau mengharapkan seluruh pejabat GBI yang ada di DKI Jakarta untuk dapat berbuah untuk mencapai visi GBI, yaitu: 10.000 Jemaat Lokal. Saya percaya jika kita semua bergerak maka visi tersebut pasti tergenapi. 

Ketua Panitia: Pdt. Sapto Edhi Raharja. dalam sambutannya juga mengharapkan agar setiap peserta sidang saat ini agar tetap smangat dan fokus dalam mengikuti semua  acara karena kita hanya bersidang 1 hari, sehingga Pembahasan komisi dan Sidang Pleno mari kita ikuti dengan antusias, agar menghasilkan program program unggulan yang akan kita kerjakan bersama sama untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus. Saya berterima kasih kepada semua hamba-hamba Tuhan yang sangat antusias mendaftar dan mengikuti persidangan ini, juga setiap Panitia yang sudah bekerja masksimal, dan juga Pdt. Samuel Gunawan dan panitia GBI HOB yang luar biasa memberikan dan menyediakan fasilitas untuk kita pakai dalam persidangan kali ini. Tuhan Yesus memberkati.  

Pembacaan Daftar nama Calon Pejabat PDP, PDM dan PDT 2022

Salah satu agenda Sidang Majelis Daerah DKi Jakarta GBI tahun 2022 adalah pembacaan nama nama calon Pejabat : Pendeta Pratama (PDP), Pendeta Madya (PDM) dan calon Pendeta (PDT), yang diusulkan oleh Pendeta Pembina untuk diperkenalkan dalam Sidang MD tahun 2022. Bahwa nama nama tersebut selanjutnya akan mengikuti penyaringan melalui wilayah masing masing dan pemeriksaan kelengkapan pemberkasan (Perpuluhan gereja lokal dan kwajiban membayar iuran Pejabat bagi calon PDM dan PDT), mengikuti wawancara, Diklat serta ujian Diklat yang akan dilaksanakan akhir tahun 2022 a tau awal tahun 2023.

Artikel Lainnya :   Pertemuan Pengurus KORDA WBI DKI Jakarta dan Ketua BPD GBI DKI Jakarta